Sebaik-baiknya Manusia Ia Lah Yang Bermanfaat Bagi Manusia Lain...

Kamis, 17 September 2015

Kesalahan atau Keliruan Yang Sering Terjadi Dalam Melakukan Olahraga



Image result for cedera saat berolahragaSiapa sih yang gamau memiliki tubuh yang sehat dan ideal? Tentu semua orang ingin memilikinya termasuk anda bukan? Banyak sekali cara untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya dengan berolahraga.

Namun tidak sedikit mereka malahan keliru dalam melakukan olahraga tersebut, karena kesalahan dalam melakukan olahraga dan akhirnya sia sia saja anda berolahraga bahkan cidera. Tentu saja anda tidak ingin bukan? Berikut ini saya akan menjelaskan tentang kesalahan yang sering terjadi dalam berolahraga:

1) Tidak Melakukan Pemanasan
Ini adalah bagian terpenting sebelum anda berolahraga. Jika anda berolahraga tanpa melakukan pemanasan maka otot tubuh akan kaget dan ini dapat menimbulkan cidera seperti engsel bergeser bahkan patah tulang.

Meskipun anda sering berolahraga tetap saja pemanasan perlu dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Cukup dengan 5-10 menit untuk pemanasan.

2) Pastikan Tubuh Anda Fit
Jika anda merasakan kurang enak badan atau dalam keadaan sakit lebih baik anda melakukan olahraga ringan dan tidak memaksakan diri anda. Agar tubuh anda terasa sehat kembali, namun jika anda merasa keadaan tubuh semakin memburuk maka berhentilah berolahraga dan segera hubungi dokter.

3) Dalam Keadaan Perut Kosong
Olahraga dalam keadaan perut kosong akan mengurangi pergerakan anda dalam berolahraga dan mengurangi total kalori yang akan anda buang. Kekuatan otot akan berkurang sehingga membuat tubuh akan mengurangi energi terlalu banyak dan tidak optimalnya olahraga yang anda lakukan.

4) Dalam Keadaan Perut kekenyangan
Mengapa tidak boleh berolahraga dalam keadaan perut kekenyangan? Di karenakan perut anda akan terasa sakit sehingga tidak optimalnya olahraga yang anda lakukan bahkan akan menimbulkan penyakit turun bero haha

Sebaiknya lakukan aktifitas makan berat 1-2 jam sebelum melakukan olahraga jika waktu anda mepet untuk berolahraga anda bisa makan seperti buah pisang dan bukan roti

5) Secara Bertahap
Kenalilah diri anda sebelum melakukan olahraga, kemudian sesuaikan dengan kemampuan anda.

6) Istirahat Yang Cukup
Istirahat sangat penting untuk tubuh kita setelah berolahraga, baik itu duduk, terlentang, tidur, atau apapun itu se enjoynya aja. Tubuh kita membutuhkan waktu untuk menyembukan diri serta memperkuat otot yang lebih kuat.

Namun saat anda sedang Istirahat, perhatikan posisi kedua kaki anda. Luruskan atau rentangan dan JANGAN DITEKUK. Kenapa tidak boleh diteku? Di karenakan kaki anda akan terkena farises.

7) Minumlah Air Putih
Ketika anda lelah dalam berolahraga, sebaiknya anda berhenti sejenak dan minum air putih secukupnya. Agar tubuh kita tidak kekurangan cairan atau dehidrasi, kram otot serta pusing.

8) Melakukan Olahraga Secara Terus Menerus
Mungkin anda menganggap semakin sering berolahraga akan semakin baik pula untuk tubuh kita. Namun itu sangat keliru, dengan olahraga yang terus menerus anda akan semakin berkurangnya waktu untuk istirahat.
9) Melakukan Olahraga Terlalu Lama
Mungkin anda menganggap semakin lama anda berolahraga, semakin optimal olahraga yang kita lakukan. Namun itu sangat keliru, itu hanya dapat membuat otot tubuh anda cidera, dehidrasi, dan rasa lelah yang sangat amat sehingga tidak dapat melaksanakan aktifitas yang lainnya.

10) Tidak Melakukan Pendinginan
Pendinginan setelah berolahraga sama pentingnya dengan pemanasan sebelum berolahraga. Hal ini untuk mengurangi resiko cidera yang akan ditimbulkan setelah anda berolahraga dan memulihkan kondisi otot. Jika berolahraga tanpa pendinginan maka aliran darah dari jantung ke otot dan sebaliknya akan terhambat.

11) Minuman Manis, Soda dan Dingin Setelah Olahraga
Minuman-minuman tersebut sangat tidak di anjurkan untuk di konsumsi setelah anda berolahraga. Dibalik kesegaran yang ditawarkan, akan timbul masalah yang serius seperti (kram perut, naiknya asam lambung, dll) Air putih lebih baik dari pada minuman tersebut.

Itulah kesalahan atau keliruan dalam berolahraga yang sepele namun dapat berakibat fatal.

"Untuk dapat hasil maksimal dari olahraga anda buka terletak dari seberapa sering dan lamakah anda berolahraga tapi seberapa berkualitas dan intensifnya olahraga yang anda lakukan"
Share:
Lokasi: Bojong Gede, Bojong Gede

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Universitas Gunadarma