Sebaik-baiknya Manusia Ia Lah Yang Bermanfaat Bagi Manusia Lain...

Selasa, 08 September 2015

Tips Agar Tubuh Menjadi Sehat dan Bugar Dalam Menjalani Aktifitas Sehari-hari

Image result for tubuh fit sepanjang hari




Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang termasuk anda. Dengan sehat kita dapat melakukan aktifitas dengan lancar dan sesuai dengan harapan kita.

Dengan cuaca yang berubah-ubah seperti saat ini, menuntut kita harus menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit flu, batuk, demam, dkk. Tidak ada salahnya bukan untuk mencegah sebelum penyakit itu datang ke kita?

Saya akan memberikan beberapa tips untuk menjaga agar tubuh fit dan bugar dalam menjalankan aktifitas sehari-hari

1) MINUM AIR PUTIH
Tubuh kita 70% terdiri atas air, sehingga jika kita kekurangan cairan makan tubuh kita akan sangat mudah untuk diserang oleh penyakit. Dengan banyak minum air, kita dapat membantu membuang toxin yang ada dalam tubuh. Konsumsi air putih minimal 1,5 hingga 2 liter sehari atau kurang lebih 8 gelas dalam sehari

2) OLAHRAGA SECARA RUTIN
Banyak orang yang mengatakan kalau olahraga itu membutuhkan waktu ksusus untuk melakukannya, padahal itu salah. Jika anda sedang sibuk tidak memiliki waktu untuk berolahraga, anda dapat olahraga kecil-kecilan seperti melompat-lompat, push up, shit up, back up dkk. Usahakan melakukan olahraga secara rutin ini di pagi hari agar anda dapat menjalankan aktifitas dengan sehat dan bugar.

3) BERFIKIR POSITIF
Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Maka usahakan selalu berfikir positif terhadap segala permasalahan yang di alami saat ini, karena setiap masalah pasti ada solusinya. Ingatlah "dari 100 masalah yang anda alami terdapat 1.000.000 solusi untuk menyelesaikannya"

4) TIDUR YANG  CUKUP
Seseorang yang kurang tidur akan lebih cepat emosi dan secara fisikpun akan rentan tertular penyakit. Tidurlah selama 7-8 jam, saat tidur adalah waktu untuk meremajakan pikiran dan tubuh. Tidur juga dapat mengurangi resiko terkena flu, karena hormon kartisol yang dikeluarkan saat tidur dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh terhadap penyakit.

5) JANGAN MEMAKSAKAN DIRI
Kecapean setelah melakukan aktifitas seharian merupakan salah satu faktor penyebab turunnya daya tahan tubuh anda. Jika anda memaksakan diri padahal tubuh anda tidak cukup kuat untuk melakukannya, hal itu akan berakibat buruk pada tubuh anda sendiri. Sehingga beristirahat sejenak merupakan pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah tersebut

6) KONSUMSI MAKANAN SEHAT
Makanlah makanan yang kaya akan nutrisi, protein, dan serat. Syarat tambahan makanan sehat adalah dengan mengandung senyawa zat antioksidan, makanan ini seharusnya masuk dalam makanan wajib dalam sehari-hari

7) PENUHI KEBUTUHAN VITAMIN D
Karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D ini dapat ditemukan pada sinar matahari, ikan, hati, dan telur.

8) MENGHIRUP UDARA SEGAR
Jika anda sudah merasa lelah dan sesak segeralah mencari udara terbuka. Udara yang terbuka banyak memiliki pasokan oksigen yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita. Selain itu juga, udara terbuka dapat menenangkan pikiran dan setelah merasa nyaman anda dapat melanjutkan aktifitas yang sebelumnya terhenti.

9) MENJAGA KEBERSIHAN MAKANAN
Selalu memastikan makanan yang anda makan sudah higenis atau sudah dicuci bersih dan matang dengan sempurna. Percuma kita makanan yang sehat namun kebersihannya tidak terjaga dengan baik.

10) MAKAN SECUKUPNYA
Makanlah dengan porsi yang wajar tidak berlebihan, makan terlalu banyak dapat mengakibatkan anda menjadi lelah dan mengantuk. Sehingga tidak dapat melakukan aktifitas secara maksimal.

11) TERTAWA / TERSENYUM
Tertawa / Tersenyum merupakan tips paling mudah dilakukan. Manfaat Tertawa / Tersenyum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, hal ini telah dibuktikan oleh para ahli.

Tips-tips tersebut hanyalah sebagian kecil dari upaya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar agar senantiasa dapat tampil prima dan optimal.

"MULAI SEKARANG BERALIHLAH KE GAYA HIDUP SEHAT. KARENA MENCEGAH LEBIH BAIK DARI PADA MENGOBATI"
Share:
Lokasi: Bogor,

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Universitas Gunadarma